BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SATYA BHAYANGKARA"

Akademi Angkatan Laut Ikuti Pembekalan Lomba Karya Tulis Ilmiah

AAL, Surabaya (13/10) | Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti pembekalan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Akademi Angkatan Laut (Depiptek AAL) secara video conference, Kamis (13/10).

Kadepiptek AAL Kolonel Mar Dr. Agus Salim yang membuka acara mengucapkan terimakasih atas kesediaan narasumber Dr. Sri Adelila Sari, S.Pd., M.Si yang merupakan Tim Ahli IYSA, juga dosen di Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Medan (UNIMED) untuk mengisi acara pembekalan ini.

“Kegiatan ini adalah sebagai wadah menggali ilmu, berbagi pengalaman, sekaligus bersilaturahmi. Harapannya, para taruna dan taruni dapat memperoleh bekal untuk mempersiapkan diri pada event besar International Young Scientist Association (IYSA) yang dinamakan International Science and Invention Fair (ISIF) 2022 yang akan diselenggarakan di Bali dalam waktu dekat.

Dalam paparannya dengan judul “Meneliti, Smart, dan Kompetitif” diawali dengan pertanyaan mengapa perlu mengikuti kegiatan lomba karya tulis. Karena “LKTI dapat meningkatkan softskill, menemukan potensi diri, memperluas pengalaman dan riwayat hidup, serta memperoleh uang pembinaan dan banyak keuntungan lainnya,” paparnya.

Kegiatan ini diisi dengan pemahaman konsep dasar penelitian yang terdiri dari sains, teknologi, rekayasa dan inovasi dan bagaimana hubungan antara science, engineering, dan innovation. Proses penelitian, karakteristik penelitian, jenis penelitian, dan segala informasi yang dibutuhkan disampaikan secara terstruktur oleh narasumber.

“ISIF merupakan event perpaduan antara kompetisi dan pameran di bidang sains dan invensi tingkat internasional. Persiapkan 10 hal untuk ikut lomba LKTI,” sarannya.

“Seorang mental juara harus memiliki politik lomba, dimana tidak sekedar ikut lomba, tetapi mempunyai jangka waktu yang panjang. Kemudian memiliki tim yang saling melengkapi, menggunakan model ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), bertanya kepada yang berpengalaman. Selain itu, ikuti panduan lomba, gunakan fakta dan data terkini, sering mengikuti kegiatan lomba LKTI, buat presentasi yang memukau dewan juri, dan tampil secara totalitas. Jika semua sudah dilakukan, maka yakin dan berdoa agar mendapatkan hasil yang memuaskan,” tegasnya.

Posting Komentar

0 Komentar