BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SATYA BHAYANGKARA"

“Purnawiyata Ke-63 SMK KAL-1", Targetkan 198 Lulusan menjadi BMW Plus

Surabaya, (15/05) | Purnawiyata   merupakan simbul dari berakhirnya pendidikan bagi siswa-siswi dari sebuah sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1, Rabu (15/05/24) melaksanakan  Purnawiyata  Ke-63 tahun Pelajaran 2023/2024 yang berlangsung di Gedung Dyandra Convention  Hall Kota Surabaya yang diikuti oleh 198 siswa beserta satu pendamping orang tuanya.

Prosesi Purnawiyara di awali masuknya  Bendera Sangsaka Merah Putih dan Pataka Yayasan Hang Tuah yang di kawal oleh Paskibra SMK KAL-1 ( PASKAL-1)  di ikuti oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd,  Waka  Kurikulum  Moch Ismail, S.E, Waka   Sarpras Karno SB, S.Pd., M.Pd ,  Waka Kesiswaan Ria Banowati, S.T, Waka Humas  Soepomo Adi Sucipto, S.Pd,  para Kaprodi dari Kaprodi Teknik Pemesinan (TPM), Kaprodi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Kaprodi  Teknik Audio Video dan Kaprodi Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL) dan Kaprodi Teknik Logistik.

Kemudian sesaat seluruh peserta  Purnawiyata yang hadir, Guru, karyawan serta undangan VVIP menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan menyanyikan lagu Mars Hang Tuah serta tampilan tari remo dari siswa XI TAV Guntur Adi Firmansyah dan   tari sparkling  Surabaya oleh 5 siswa dari jurusan Teknik  Logistik dan Elektronika  SMK KAl-1.

Waka Kurikulum   Moch Ismail, S.E  mengawali  pelaporan kondisi kelulusan siswa  yang pada hari ini melaksanakan Purnawiyata, dari jumlah 199 , tercatat hanya 1 siswa saja yang tidak lulus, itupun dikarenakan sakit dan meninggal dunia sebelum waktunya ujian berlangsung. Sehingga  siswa yang melaksanakan Purnawiyata berjumlah.198 dengan rincian Siswa jurusan TPM  49 siswa , TKR 64 siswa, TITL siswa 37 , TAV  18 siswa dan T.Log 30 siswa. Kelulusan siswa kali ini berdasarkan Skep/006/IV/2024/SMK KAL-1 tertanggal 06 Mei 2024.

Sementara itu Kasatdik SMK KAL-1 Munawar , S.Pd dihadapan Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya   Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP menyampaikan bahwa seluruh peserta Purnawiyata  merupakan lulusan tahun Pelajaran 2023/2024.

Dengan kerja keras seluruh manajemen sekolah, siswa dan orang tua siswa pada akhirnya mereka bisa tuntas menyelesaikan sekolah dengan predikat lulus.  Kelulusan yang di raih ini tentunya merupakann titik awal untuk  start  dalam  perjuangan ke depan yang penuh dengan tantangan, meneruskan kuliah, terjun ke dunia usaha/ dunia industri, membutuhkan life skill / kompetensi yang telah di dapat selama di SMK KAL-1 

Ada beberapa teman mereka yang  saat kelas XII sudah di terima bekerja pada beberapa Perusahaan, dan ini yang akan menjadi tantangan bagi seluruh otoritas pendidikan di SMK KAL-1, sehingga di tahun-tahun yang akan datang lulusan SMK KAL-1 akan dapat mengisi / menjadi tenaga kerja di  perusahaan-perusahaan sesuai dengan kompetensi siswanya. 

Di hadapan siswa SMK KAL- 1 yang melaksanakan Purnawiyata, Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya   Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP menekankan bahwa seusai  kelulusan ini bagi yang akan terjun ke dunia usaha atau ke dunia industri harus selalu mengacu kepada ilmunya yang di dapat di SMK KAL-1, implementasikan selama berada di dunia kerja/ dunia industri. Tetap menuntut ilmu  untuk  memperbaiki  kehidupan mendatang  dan harus selalu menjaga nama almamater baik di DU/Di ataupun di jenjang pendidikikan berikutya.

Hal ini tentunya sebagai bukti keberhasilan SMK KAL-1 sebagai SMK Pusat Keunggulan dengan program  "BMW PLUS", dimana memiliki makna bahwa B adalah lulusan SMK KAL-1 mampu bekerja,  M adalah lulusan SMK KAL-1 mampu melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan W adalah lulusan SMK KAL-1 mampu berwira usaha dan nilai plusnya adalah bahwa lulusan SMK KAL-1 juga diberi bekal / materi untuk memasuki dunia militer( TNI-POLRI).

Selanjutnya Kapeng YHT Cabang Surabaya, menyerahkan penghargaan kepada 3 siswa berprestasi sebagai juara umum antara lain  : FAIRU RIZA ABIMANYU  dengan nilai 86,47 dari jurusan T.Logistik,  FRANSISCUS XAVIERIUS RAFA dengan nilai 86,03 dari jurusan TITL dan  ERLITA MAHARANI BALQIS dengan nilai 85,93 dari jurusan TAV.

Sedangkan di masing-masing jurusan :  TITL, TPM, TKR, TAVdan T.Log, berhasil meraih nilai tertinggi ( tiga besar) juga mendapat penghargaan yang di serahkan langsung oleh pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya, dalam hal ini  Sekertaris Niken Dyah Puspitorini , S.Pd,  Kabiddik Dra. Ramayanti,   Kabidbang  Kolonel (Purn) Herlinawati, Ketua MKKS YHT Hadi Sukiyanto, S.Pd., M.M serta Ketua Kumite SMK KAL-1...Kolonel (Purn)Drs.R.Erwin A, M.Kes secara bergantian.

Turut hadir dalam Purnawiyata Ke-63 SMK KAL-1 Pengawas SMK Cabang Dinas Wilayah Sidoarjo Surabaya Syaifullah, D.Pd., M.A.P,  para Kasatdik TK, SD, SMP, SMA dan SMK dilingkungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar